Pencakar Langit "Chicago Spire"

Posted by PHL Architects | 7/19/2008 08:04:00 pm | | 0 comments »

Pencakar Langit "Chicago Spire"
Twist tall building
Chicago Spire

The Chicago Spire oleh sebuah web arsitektur terkemuka dinobatkan sebagai salah satu bangunan terunik dunia. Chicago Spire ini masih dalam tahap konstruksi dan merupakan bangunan pencakar langit yang nantinya akan semakin menambah jumlah pencakar langit di Chicago, seperti Sears Tower. Ia akan menjadi bangunan paling tinggi di Amerika dan merupakan bangunan residential tertinggi di dunia. Jumlah lantai setelah terbangun adalah 150 lantai.
Bangunan ini didesain oleh arsitek Spanyol; Santiago Calatrava, dan merupakan karya terbaru dari sang arsitek yang cukup fenomenal dilihat dari bentuknya yang menyerupai ujung dari tombak yang dipelintir ke atas. Mirip lingga seperti yang dikenal di Indonesia.
Pada desain awal pada tahun 1995, jumlah lantai hanya 115 tingkat dan dinamakan “Fordham Spire” dan direncanakan akan berfungsi sebagai hotel dan kondominium serta sebagai bagian dari antenna penyiaran. Banyak masalah pro dan kontra yang timbul tetapi sebagian besar masyarakat Chicago mendukung keberadaan bangunan ini dimana diharapkan akan menjadi ikon baru dari kota, seperti yang diumumkan oleh anggota dewanpraja tatakota Chicago, Burton F. Natarus bahwa, "This is a very unique opportunity for the city of Chicago. This building belongs to Chicago and should be in Chicago.”
Sedangkan dari salah seorang pengembang terkenal di Amerika, anda tentunya tahu Mr. Apprentice, Donald Trump, ia mengatakan bahwa bangunan ini bisa menjadi target dari teroris dan bahkan tidak bisa dikatakan sebuah projek yang bagus. Hal ini bisa saja muncul dari persaingan belaka, karena ternyata pada saat bersamaan Mr. Trump sedang membangun juga “Trump International Hotel & Tower yang juga merupakan bangunan pencakar langit dan hanya berjarak beberapa blok dari Chicago Spire ini.
Setelah beberapa bulan pembangunan, developer mengalami kesulitan financial untuk melanjutkan proyek ini, tetapi setelah melalui beberapa usaha dan masuknya investor baru akhirnya proyek bisa dilanjutkan dan berganti nama menjadi “Chicago Spire”. Pada awal desember 2006, developer mengumumkan bahwa design bangunan akan dirubah dan fungsi dari hotel dan antenna TV akan dihilangkan; bangunan ini akan sepenuhnya menjadi kondominium.
Pada desain, perubahan terjadi pada putaran banguan / twist, dimana diteruskan hingga ke dasar dari bangunan dan juga semakin memperlebar dari rencana semula sehingga menambah dari jumlah ruangan per lantai dan total lantai.

Bangunan ini dibangun di tepi dari danau yang ada Chicago, di sebelah barat dari “Navy Pier” sehingga akan nampak sangat gagah menjulang apabila dilihat dari arah danau. Seperti dengan banyak dari desainnya, Santiago Calatrava menghubungkan inspirasi dan temanya dengan kondisi sekitar site, ide menyerupai asap spiral imajinatif yang keluar dari area perkemahan indian didekat sungai Chicago dan menghubungkan desain bangunan yang baru ini dengan cangkang siput yang berbentuk memutar. Diharapkan bahwa bentuk bangunan ini akan merubah daripada skyline kota Chicago.
Bangunan ini akan berisi 1.193 unit kondominium dengan setiap lantai dari bangunan 150 tingkat ini akan berotasi tepat 2,44 derajat dari lantai dibawahnya untuk total putaran 360 derajat. Untuk tahanan struktur tambahan, tiap lantai akan dikelilingi oleh sudut kantilever dan 4 sisi lekukan. Pada lantai teratas, Chicago Spire akan menyediakan sebuah ruangan khusus bersama bagi para penghuni untuk melihat keliling ke seluruh Chicago. Desain lengkungan bangunan ini mirip dengan desain Calatrave yang lain yaitu “Turning Torso” di Swedia, yang mempunyai dua keuntungan dari segi struktur bangunan. Pertama “curved design” mempunyai kelebihan untuk memperkuat struktur bangunan, mirip seperti pada bangunan stadium dengan lengkungan atapnya. Kedua, bahwa permukaan dari lengkungan ini akan meminimalkan tekanan angin pada bangunan, dimana pada bangunan kotak, aliran angin yang mengalir akan menekan permukaan bangunan secara frontal sehingga bangunan tinggi harus semakin mempekuat strukturnya dan permukaan eksteriornya. Sebagai bagian dari langkah untuk membuat banguan yang hemat energi dan ramah lingkungan, Chicago Spire ini juga menggunakan air hujan yang didaur-ulang, air sungai dimanfaatkan untuk pendinginan buatan, kaca ornithologically-sensitive untuk melindungi migrasi burung, sistem bangunan pintar, daur ulang kotoran, dan lain-lain.


Data
Lokasi : 400 N Lake Shore Drive, Chicago, Illinois
Perletakan batu pertama : 25 Juni 2007
Perkiraan selesai : 2011
Fungsi : residential
Tinggi : 2.000 kaki / 609,6m
Jumlah lantai : 150 lantai
Area lantai : 278.709 m2
Arsitek : Santiago Calatrava, Perkins and Will
Ahli struktur : Thornton Tomasetti
Contractor : Case Foundation
Developer : Shelbourne Development

Related Posts



0 comments

Subscribe Now

Translate this blog to :